Menghafal Qur'an itu.....

By Nanda Destiyani - Maret 24, 2016

"Menghafal qur'an itu satu paket. Ketika kita menghafal, maka secara otomatis melatih kedisiplinan, ikhlas, sabar, dan amanah. Bukan sekedar untuk hatam, melainkan belajar setia bersama Al-Qur'an. Wisuda tahfidz sesungguhnya itu adalah ketika berada di padang mahsyar, bukan di dunia." - Saffanah Azzahri, sahabat saya. Beliau adalah salah satu sosok inspirasi buat menghafal. Karena hafalannya, sekarang jadi guru tahfidz di Singapura. Keren kan? Usia lebih muda, tidak terlalu mementingkan sekolah formal pada umumnya, lebih mementingkan Al-Qur'annya. Jadi inget kata UYM, "jika kalian mementingkan urusan akhirat, maka dunia akan mengikutimu, gak usah khawatir".

Dulu juga sempet kepikiran buat cuti kuliah setahun demi nyelesain hafalan, tapi sayang keluarga kurang dukung dan peraturan kampus juga tidak memperbolehkan. Akhirnya niat itu diurungkan sampai selesai wisuda nanti.. In Syaa Allah.
Jujur, saya rada susah buat menghafal, harus terus-terusan diulang dan diulang.

Awal pertama ngafal itu kelas 6 sd, di sdit Baidhaul Ahkam. yang pertama dihafal itu juz 30. Itu juga karena syarat lulus sd makanya ngafal. Alhamdulillah bahagia banget bisa jadi alumni sekolah dasar islam terpadu itu. Disana banyak belajar dasar-dasar agama.. dari Akidah Akhlak, fiqh, bahasa arab, dll. Alhamdulillah lulus dari sana dapet, 1 juz :D
Setelah lulus dari sana, ada rencana buat mondok di gintung, Daarul Qolam. Tapi karena papa pengen pindah ke Sulawesi akhirnya gajadi.
Singkat cerita, jatuh bangun ngafal qur'an itu kerasaa banget. Ditambah lika-liku perjalanan hijrah yaaang..Maa Syaa Allah beneeer ujiannya. Sempet kepikiran, kalo dulu niat ngafal gak karena syarat lulus mungkin udah selesai 30 juz dari kapan tau kali ya.. Emang, semua perbuatan itu tergantung niat.

Siapa yang paling berperan dalam soal penyemangat ngafal?
Orang tua. Saat males dateng, mama selalu bilang "ayo, neng. Semangat. Katanya mau pakein mama mahkota? Ayo, lawan..neng bisa", dan papa "ayo, neng. Papa yakin neng bisa..lillah, neng"
Allah bener-bener nurunin dua malaikat tanpa sayap buat ngebimbing diri ini..Allah kasih dua orang tua yang sama-sama punya cita-cita buat kumpul lagi di akhirat.. Di Surga :')
Nah..kalo mama papa udah kasih semangat kaya gitu..mulai semangat lagi ..full lagi.
Ditambah yakin dengan do'a orang tua pasti.. In Syaa Allah, Allah beri kelancaran dlm menghafal. Kadang kalo lagi dirindukan ayat, buru-buru tlp mama papa, bilang gini; "mah..pah..ayat qur'an lagi manja nih sama nanda..maafin nanda ya, mah pah..nanda banyak dosa..nanda sering bikin mama papa marah, kecewa, dll..do'ain nanda terus ya ma pa.."
Entah sugesti atau apa, setelah tlp mama papa ngafal lancar mulus kaya jalan tol :'D asli, do'a orang tua itu mujarab banget buat anaknya..apalagi buat anak yang lagi nuntut ilmu. Banyak-banyakiiiiin minta do'a sama orang tua. Ngaruh banget..bangeet.

Catatan akhir dari post ini;
Semoga yang sedang menghafal qur'an senantiasa diberi kelancaran oleh Allah SWT dan selalu istiqamah dalam menjaga hafalannya. Aamiin yaa mujiib.


Nb: maafkan tulisan saya yang labil ini. Kadang baku, kadang engga. #abaikan :'D


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar