ULASAN BUKU : BUNDA SAYANG DAN BUNDA CEKATAN (SERI IBU PROFESIONAL)

By Nanda Destiyani - Agustus 23, 2019







Bismillahirrahmannirrahim..

Mungkin sebelum menikah, sudah sewajarnya memiliki sifat ingin selalu menjadi yang terbaik untuk keluarganya, menjadi ibu yang baik untuk anak-anak, dan ingin selalu menjadi istri yang baik untuk suami kita kelak. Disaat waktunya telah tiba menjadi seorang istri, dan terutama menjadi seorang ibu, peran kerja sebagai perempuan, kali ini aku bakal review atau kasih resensi buku yang menurutku bagus untuk dipelajari sebagai ikhtiar mengupgrade skill dan pengetahuan menjadi istri sekaligus menjadi seorang ibu.

Di dalam buku Bunda Cekatan ini kurasa sudah dirangkum lengkap semua tentang  Ilmu Dasar Manajemen Rumah Tangga. Terdiri dari 12 esai dengan tema dan pengalaman anggota Institut Ibu Profesional. Isi dari Buku Bunda Cekatan, diantaranya:

- Manajemen Waktu,
- Manajemen Menu 10 hari,
- Menata Rumah dengan konsep 5R (membuat rumah serasa hotel bintang 5),
- Emergency first,
- Safety walking, riding and driving,
- A Home Team,
- Public Speaking,
- Personal Grooming, sampai
- Table Manner for Kids.
- dst

Pernah merasa bingung bagaimana Mengenal gaya belajar anak? Bolehkah mulai mengajarkan gemar menabung sejak kecil? Bagaimana mendidik anak sejak dini? pernah gak sih kita menyadari bahwa setiap anak kecil akan menangkap apa yang kita katakan jika kita mengajaknya bicara heart to heart?

Di dalam buku Bunda Sayang terdapat semua jawaban pertanyaan di atas. Buku ini berisi 12 Ilmu Dasar Mendidik Anak, terdiri dari 12 esai dengan tema pengalaman anggota Institut Ibu Profesional. Isi Buku Bunda Sayang, diantaranya:

·        Komunikasi Produktif
·        Memandu Kemandirian anak
·        Melejitkan Kecerdasan Emosi dan Spiritual,
·        Mengenal Gaya Belajar Anak
·        Mendidik Anak Suka Membaca dan Menulis
·        Cerdas Finansial Sejak Dini
·        Membangun Karakter Anak Lewat Dongeng
·        Pendidikan Seks yang Tepat dan Benar Sejak Dini
·        dst

Di buku ini juga dijelaskan agar bijak menggunakan teknologi, terutama anak bijak menggunakan gadget, serta orang tua bisa mengenalkan anak untuk menabung sejak kecil.


"Rumah memang tempat paling mulia bagi wanita. Namun, sudah sejauh mana suami-istri telah saling memahami dan mempersiapkan apa yang akan dilakukan seorang istri ketika ia total "bertugas" di rumah. Sudahkan si istri memiliki keterampilan ketika mengurus si buah hati? Tentu akan jadi sebuah kesia-siaan manakala si ibu berada di samping anak tetapi tidak memiliki ilmu yang cukup untuk mempersiapkan fisik dan mental seorang anak"

"Be Professional Rezeki will follow. Bersungguh-sungguhlah dalam mendidik anak dan mengelola keluarga, maka kita akan dihargai dengan kesungguhan itu, jangan pernah risaukan materi, selama kita bersungguh-sungguh menjaga amanah-Nya. Karena sang Pemberi Amanah selalu menyiapkan satu paket dengan rezekinya, tugas kita menjemput reseki itu dengan bersungguh-sungguh dan tetap memprioritaskan diri untuk tetap menjaga amanah-Nya dengan baik". Septi Peni Wulandai, Ibu Rumah Tangga Profesional.


Sekarang aku baru sadar, ternyata untuk menjadi seorang istri dan ibu yang baik butuh perjuangan yang bukan sekedar perjuangan biasa. Perjuangan yang dilandaskan dengan iman, berharap selalu hanya ridho Allah yang selalu didapat, karena dalam islam, wanita begitu mulia ssebagai kodratnya yang ditakdirkan menjadi seorang istri sekaligus menjadi seorang ibu. Namun, terkadang aku masih belum bersyukur atas karunia yang Allah beri menjadikanku sebagai seorang wanita. Hmm,, memang, belajar memang harus seumur hidup, agar terus menjadi manusia baik. Jazaakillah khairan kak Eca telah memberi buku ini sebagai hadiah dikala aku menikah waktu itu, aku baru sadar ada buku yang benar-benar lengkap seperti ini. Makaaassiiih <3


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar